Tingkatkan Informasi Publik, Bawaslu Kendal Lakukan Pelatihan Penulisan Berita dan Video

BERITA

Kendal, Bawaslu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kendal tingkatkan kapasitas pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi serta informasi publik dikemas dengan dalam pelatihan penulisan berita dan video, Selasa (19 September 2023) di di ruang serba guna, H. Ubaidillah, Kantor Bawaslu Kendal.

 

Kegiatan ini di hadiri oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Kendal dengan narasumber konten kreator, Arif Gunawan.

 

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kendal, Hevy Indah Oktaria menyampaikan pentingnya penulisan berita dalam sebuah lembaga, “saat ini saya lihat belun 20 Kecamatan aktif memberikan informasi kepada masyarakat, artinya medsos kita tidak hanya mengupload kegiatan saja, tapi juga memberikan edukasi atau himbauan,” ujar Hevy.

 

Masih dalam keterangan Hevy jangan sampai pemberitaan menjadi boomerang bagi Bawaslu sendiri karena tidak berdasarkan fakta yang dapat memicu konflik.

 

Narasumber pada kegiatan ini, mengawali penyampaian materi terkait dasar-dasar pembuatan berita “pemberitaan ini di bagi menjadi dua, yaitu tertulis dan lisan, berita yang tertulis ini merupakan berita yang sudah ada sejak peninggalan dahulu kala. Seiring berkembangnya zaman pemberitaan dikemas dalam bentuk lisan yang juga divisualkan dalam bentuk video,” ujar Arief.

 

Pada akhir sesi kegiatan dilakukan pelatihan pembuatan video pendek reels instagram dengan membagi kelompok dan mempresentasikan isi yang akan di sampaikan dari video yang dibuat.

 

Koordinator Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Hubungan masyarakat Bawaslu Kendal, Muhammad Habibi menyampaikan dengan adanya pelatihan ini dapat mengembangkan kreativitas media sosial Bawaslu Kendal sehingga dapat memberikan informasi kepemiluan kepada lapisan masyarakat. [BK]